Ciri-Ciri Kanker Darah Stadium Awal

Ciri-Ciri Kanker Darah Stadium Awal

Ciri-Ciri Kanker Darah Stadium Awal – Kanker darah merupakan salah satu penyakit kanker yang umum terjadi dan cukup berbahaya. Seseorang seringkali tidak menyadari bahwa dirinya terkena atau menderita kanker darah dan akan baru diketahui jika kanker darah memasuki stadium lanjut. Hal ini dikarenakan gejala atau tanda kanker darah cenderung mirip dengan kondisi lain. Dengan ini, maka kita perlu mewaspadai gejala atau tanda/ciri kanker darah pada tahap awal yang sering muncul.

Oleh karena itu, maka sangat penting untuk mengetahui apa saja gejala atau ciri-ciri kanker darah stadium awal. Apakah anda tahu apa saja gejala atau ciri-ciri kanker darah stadium awal ?, Bagi anda yang belum tahu apa saja ciri-ciri kanker darah pada stadium awal, maka kini anda tidak usah khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Ciri-Ciri Kanker Darah Stadium Awal. Maka dari itu, mari simak terus artikel ini sampai tuntas.

Ciri-Ciri Kanker Darah Stadium Awal Yang Perlu Diwaspadai

Kanker darah atau biasa dikenal juga dengan naman leukemia ini adalah kanker yang menyerang atau mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah, termasuk sumsum tulang dan kelenjar getah bening. Selain itu, pada biasanya kanker darah ini juga melibatkan atau menyerang sel-sel darah putih, yang dimana sel darah putih sendiri berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit.

Sel darah putih tersebut dihasilkan oleh sumsum tulang. Dengan ini, maka tidak heran jika sebagian besar kanker darah dimulai dari sumsum tulang dimana darah di produksi. Secara umum, sel darah putih ini berperan dalam sisitem daya tahan tubuh. Pada orang normal/sehat, sel darah putih akan berkembang secara teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul.

Sementara itu, pada penderita kanker darah, sumsum tulang memproduksi sel-sel darah putih secara berlebihan atau abnormal. Kondisi jumlah sel darah putih yang abnormal dapat mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang, sehingga sel-sel darah yang sehat akan terus berkurang. Selain itu, sel darah putih penderita kanker darah juga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab dasar kanker darah ini. Akan tetapi, diduga mutasi DNA dalam sel darah putih menyebabkan perubahan tindakan setiap sel. Selain itu, perubahan lain dalam sel darah putih akibat faktor gen dan lingkungan juga diperkirakan turut berperan memicu kanker darah. Kanker darah dapat mempengaruhi atau menyerang pada siapapun dengan usia berapa pun.

Terdapat tiga jenis utama kanker darah, yakni leukemia, limfoma, dan myeloma. Gejala kanker darah yang muncul dapat berbeda-beda pada setiap penderita, hal ini tergantung pada jenis kanker darah yang di derita. Untuk mendeteksi kanker darah sejak dini dan menghindari dampak buruk dari kanker darah, maka berikut Ciri-Ciri Kanker Darah Stadium Awal, diantaranya :

  • Hidung berdarah

Seseorang dengan kegiatan yang padat, menguras tenaga yang mengakibatkan kelelahan yang begitu panjang dapat menyebabkan penderahan pada hidung atau mimisan. Meski begitu, namun pendarahan pada hidung juga merupakan salah satu ciri-ciri kanker darah stadium awal. Dengan ini sehingga kita harus tetap waspada jika mengalami pendarah pada hidung.

  • Gusi berdarah

Gusi berdarah termasuk salah satu ciri-ciri kanker darah stadium awal yang harus diwaspadai. Namun, gusi beradarah juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti karena sikat gigi yang tidak benar. Meski begitu, namun jika anda mengalami gusi berdarah, maka anda harus tetap waspada.

  • Sesak nafas

Umumnya, kondisi sesak nafas merupakan gejala dari penyakit lain, seperti penyakit asma, jantung dan lain sebagainya. Meski begitu, namun penderita kanker darah stadium awal juga bisa mengalami sesak nafas. Hal ini karena sesak nafas termasuk salah satu ciri-ciri kanker darah stadium awal.

  • Nyeri tulang

Nyeri pada tulang merupakan salah satu ciri-ciri kanker darah stadium awal, yang mungkin akan sama dengan ciri-ciri penyakit lainnnya.

  • Sakit kepala

Ciri-ciri kanker darah stadium awal selanjutnya ialah terjadinya sakit kepala, yang memang sakit kepala ini bisa terjadi akibat beberapa penyebab selain kanker darah stadium awal.

  • Badan lemas

Badan lemas atau lelah dapat terjadi pada seseorang yang sudah melakukan aktivitas yang berat, akan tetapi apabila badan lemas ini terjadi yang tidak ada pemicunya, maka kondisi ini bisa termasuk ciri-ciri kanker darah stadium awal.

  • Muntah

Semua orang bisa mengalami muntah, sehingga mungkin kondisi muntah ini dianggap biasa saja. Namun anda harus waspada jika anda mengalami muntah, karena ciri-ciri kanker darah stadium awal juga bisa mengalami muntah.

Itulah Ciri-Ciri Kanker Darah Stadium Awal yang mungkin cenderung mirip dengan gejala atau kondisi gangguan kesehatan atau penyakit lainnya. Apabila anda mengalami ciri-ciri tersebut, maka sebaiknya segera periksa kondisi tubuh anda, untuk memastikan kondisi apa yang terjadi pada anda. Jika positif menderita kanker darah, maka segera lakukan penaganan atau pengobatan.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI “CIRI-CIRI KANKER DARAH STADIUM AWAL”. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE KAMI (WEBSITE RESMI AZKA HERBAL) DAN MENYIMAK ARTIKEL INI SAMPAI TUNTAS, SEMOGA INFORMASI DARI KAMI DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted : Ciri-Ciri Kanker Darah Stadium Awal

Sponsored By

Ciri-Ciri Kanker Darah Stadium Awal Yang Perlu Diwaspadai

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*