Gejala Kanker Darah Stadium Awal

Gejala Kanker Darah Stadium Awal

Gejala Kanker Darah Stadium Awal Kanker darah merupakan salah satu jenis kanker yang langka terjadi (kurang dari 150.000 kasus per tahunnya di Indonesia). Meski begitu, namun kanker darah ini sangat berbahaya, sehingga kanker darah ini wajib atau harus diwaspadai.

Mengetahui beberapa tanda atau gejala awal kanker darah ini sangatlah penting, karena dengan mengetahui gejala awal kanker darah, maka kita dapat mendeteksi kanker darah sejak dini, sehingga peluang untuk sembuhpun sangat besar. Apakah anda sudah tahu apa saja gejala awal kanker darah ?

Bagi anda yang saat ini tidak tahu apa saja gejala awal kanker darah, maka kini anda tidak usah khawatir, karena pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai beberapaGejala Kanker Darah Stadium Awal. Mari simak terus artikel ini sampai tuntas.

Gejala Kanker Darah Stadium Awal

Kanker Darah

Kanker darah yang seringkali juga disebut dengan nama leukemia ini merupakan jenis kanker yang mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah serta mempengaruhi atau menyerang jaringan pembentuk sel-sel darah, termasuk sumsum tulang dan kelenjar getah bening.

Pada biasanya, kanker darah leukemia melibatkan sel-sel darah putih. Sel darah putih sendiri berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit. Pada umumnya, sel darah putih berperan dalam sistem daya tahan tubuh. Sel darah putih sendiri merupakan sel yang membentuk komponen darah.

Sel darah putih dihasilkan oleh sumsum tulang belakang. Pada orang normal (sehat), sel darah putih berkembang secara teratur disaat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul dan terdapat regenerasi sesuai dengan masa hidup sel tersebut.

Sedangkan pada orang tidak sehat (pengidap kanker darah), sumsum tulang memproduksi sel darah putih secara berlebihan (abnormal), yang menyebabkan peningkatan kadar sel darah putih. Kondisi jumlah sel darah putih yang berlebihan ini dapat mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang.

Kondisi penumpukan tersebut dapat mengakibatkan sel-sel darah yang sehat akan berkurang. Selain menumpuk, kondisi sel darah putih yang berlebihan tersebut juga dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, ginjal, limfa, paru-paru, dan bahkan hingga ke otak serta tulang belakang.

Sumsum tulang penderita atau pengidap kanker darah leukemia tidak mampu memproduksi sel-sel darah merah yang cukup dan trombosit untuk memasok kebutuhan tubuh. Kanker berawal ketika sel-sel dalam tubuh berkembang atau tumbuh secara berlebihan dan pertumbuhannya tidak terkendali.

Sel-sel kanker mencegah sel-sel darah normal untuk menjalankan fungsinya. Sebagian besar kanker darah dimulai dari sumsum tulang, diman darah di produksi. Meski jarang atau langka terjadi, namun kanker darah ini dapat terjadi pada siapa saja, dengan usia berapapun.

Baca juga : Tanaman Herbal Untuk Kanker Darah Paling Ampuh

Jenis Kanker Darah

Berdasarkan kecepatan perkembangan, kanker darah dibagi menjadi dua jenis atau tipe, yakni kanker darah akut dan kanker darah kroins. Kanker darah akut merupakan jenis kanker darah yang berkembang dengan cepat dan pertumbuhan kanker darah akut ini sangat pesat.

Selain itu, penyebaran kanker darah akut ke dalam aliran darah pun sangat pesat. Dengan begitu, maka kanker darah akut ini harus ditangani dengan cepat dan tepat, karena jika kanker darah akut dibiarkan, tubuh akan kekurangan oksigen dan kekebalan tubuh menurun.

Sementara itu, kanker darah kronis merupakan jenis kanker darah yang berkembang secara perlahan-lahan, dalam jangka panjang. Sel-sel darah putih yang seharusnya sudah mati akan tetap hidup dan menumpuk dalam aliran darah, sumsum tulang dan organ lainnya yang terkait.

Sel-sel darah putih tersebut lebih matang, sehingga dapat berfungsi dengan baik untuk beberapa saat. Gejala kanker darah kronis ini cenderung tidak segera dirasakan, sehingga baru terdiagnosis setelah bertahun-tahun. Hal ini dikarenakan sel-sel darah putih kanker darah kronis ini lebih matang.

Gejala Kanker Darah Stadium Awal

Setiap pengidap kanker darah mungkin akan mengalami gejala yang berbeda dengan pengidap kanker darah lainnya, hal ini karena tergantung pada jenis kanker darah yang diderita. Pada awal perkembangan, kanker darah ini seringkali tidak menunjukan gejala apapun.

Pengidap kanker darah akan merasakan gejala pada saat kanker darah telah memasuki stadium lanjut. Meski begitu, namun bukan berarti kanker darah tidak bisa diamati sedini mungkin. Dan berikut ini beberapa Gejala Kanker Darah Stadium Awal yang umum munul, diantaranya :

  • Tulang belakang dan persendian terasa nyeri
  • Muncul bintik merah di kulit
  • Pendarahan hebat
  • Rentan tekena infeksi
  • Darah sulit membeku
  • Sistem imun atau daya tahan tubuh menurun
  • Berat badan menurun drastis
  • Anemia
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Demam dan menggigil
  • Sering mengalami mimisan
  • Kelahan meski tidak melakukan kegiatan yang melelahkan dan badan terasa lemas

Itulah beberapa Gejala Kanker Darah Stadium Awal yang sering atau umum muncul. Segeralah lakukan pemeriksaan kondisi kesehatan tubuh anda apbila anda mengalami beberapa gejala diatas tersebut. Dan segera lakukan penanganan atau pengobatan jika anda positif mengidap kanker darah.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI “GEJALA KANKER DARAH STADIUM AWAL”. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI (AZKA HERBAL), SEMOGA INFORMASI DARI KAMI BERMANFAAT BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Gejala Kanker Darah Stadium Awal

Berita Terkait :

Sponsored By

Gejala Kanker Darah Stadium Awal

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*