Jenis Kanker Darah

Jenis Kanker Darah

Jenis Kanker Darah   Selamat datang dan terima kasih telah mengunjungi website kami ini www.obatkankerdarahalami.my.id, yang merupakan website resmi Azka Herbal, yang pada kesempatan kali ini akan memberikan informasi mengenai beberapa Jenis Kanker Darah yang sering terjadi dan harus diwaspadai. Dengan begitu, maka mari simak terus artikel ini sampai tuntas.

Sekilas Tentang Kanker Darah

Jenis Kanker Darah

Kanker darah atau biasa dikenal sebagai leukemia ini merupakan kanker yang menyerang sel-sel darah putih atau jaringan pembentuk sel-sel darah, termasuk sumsum tulang dan kelenjar getah bening. Sel darah putih tersebut dihasilkan oleh sumsum tulang belakang, yang memiliki fungsi atau berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit.

Pada saat kondisi badan yang sehat atau normal, sel-sel darah putih yang di produksi oleh sumsum tulang akan berkembang secara ter atur atau terdapat regenerasi sesuai dengan masa hidup sel tersebut. Sedangkan pada penderita kanker darah, sel darah putih yang di produksi oleh sumsum tulang berkembang secara abnormal, atau berlebihan, tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kondisi jumlah sel darah putih yang berlebihan tersebut dapat mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang, sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang. Selain itu, sel darah putih yang abnormal tersebut juga dapat menyebar ke organ lain, seperti paru-paru, ginjal, limfa, hati, dan hingga ke otak serta tulang belakang. Secara umum, sel darah putih berperan dalam sistem daya tahan tubuh.

Sebagian besar kasus, kanker darah ini dimulai dari sumsum tulang dimana darah di produksi. Sel kanker mencegah sel darah normal untuk menjalankan fungsinya. Penyebab dasar kanker darah hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Merokok merupakan salah satu faktor yang diduga dapat meningkatkan seseorang untuk menderita kanker darah.

Berdasarkan kecepatan perkembangannya, kanker darah memiliki 2 jenis tingkatan, yakni kanker darah akut dan kanker darah kronis. Kanker darah akut merupakan kanker yang berkembang dengan cepat, karena penambahan jumlah sel darah putih yang abnormal atau sel yang belum matang, sehingga tidak dapat berfungsi secara normal. 

Sementara, kanker darah kronis berkembang secara perlahan-lahan, dan dalam jangka waktu panjang. Sel-sel darah putih yang seharusnya sudah mati akan tetap hidup dan menumpuk dalam sumsum tulang, aliran darah, dan organ-organ tubuh lain yang terkait. Selain kedua jenis kanker tersebut, kanker darah juga dapat dikategorikan menurut jenis sel darah putih yang diserang.

Kanker darah yang menyerang sel-sel limfa dikenal dengan istilah leukemia limfotik dan yang menyerang sel-sel mieloid disebut leukemia mielogen. Berdasarkan dua jenis kanker darah tersebut, terdapat 4 jenis kanker darah yang sering terjadi, yakni leukemia limfotik akut (ALL), leukemia mielogen akut (AML), leukemia limfotik kronis (CLL), leukemia mielogen kronis (CML).

Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL), merupakan jenis kanker darah yang dapat menghambat fungsi limfosit, sehingga pengidap kanker darah jenis ini dapat berpotensi mengalmai infeksi serius. Jenis kanker darah ini pada umumnya di derita/dialami oleh anak-anak, akan tetapi orang dewasa pun dapat mengalaminya.

Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML), merupakan jenis kanker darah yang akan membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat menyumbat pembuluh darah. Kanker darah jenis ini pada umumnya menyerang orang dewasa. Akan tetapi, kanker darah jenis ini juga dapa dialami oleh anak-anak dan remaja.

Leukemia mielogen kronis atau chronic myelogenous leukemia (CML). Kanker darah jenis ini memiliki dua tahap, yakni pada tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan-lahan, dan pada saat memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel yang abnormal akan bertambah dengan pesat, sehingga akan menurun secara drastis.

Kanker darah jenis tersebut (CML) kebanyakan diderita oleh orang-orang dengan usia diatas 20 tahun. Selanjutnya Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL). Kanker darah jenis ini pada umumnya baru terdeteksi pada stadium lanjut, karena pasien cenderung tidak merasakan gejala-gejala untuk waktu yang lama. Kanker darah jenis ini hanya di alami oleh orang dewasa.

Bagi anda yang merasa memiliki tanda atau gejala dari kanker darah, maka kami sarankan alangkah baiknya untuk langsung berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemerikasaan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, agar anda dapat mendeteksi sejak dini jika memang anda positif mengidap kanker darah. Itulah beberapa Jenis Kanker Darah yang paling sering terjadi dan perlu diwaspadai.

Baca juga : Makanan Pencegah Kanker Darah

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI  BEBERAPA “JENIS KANKER DARAH”. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE KAMI (AZKA HERBAL) DAN JUGA TERIMA KASIH TELAH MENYIMAK ARTIKEL INI SAMPAI TUNTAS, SEMOGA INFORMASI DARI KAMI DAPAT BERGUNA DAN BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Jenis Kanker Darah

Artikel terkait : 

Sponsored By

Jenis Kanker Darah

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*