Penyebab Kanker Darah Pada Anak Balita

Penyebab Kanker Darah Pada Anak Balita

Penyebab Kanker Darah Pada Anak Balita Kanker darah merupakan jenis kanker yang mematikan dan sudah banyak memakan korban, mulai dari anak balita hingga orang dewasa. Hal ini karena kanker darah ini tidak memandang usia, siapapun dapat mengalami/mengidap kanker darah.

Oleh karena itu, maka tidak sedikit anak balita menjadi korban keganasan kanker darah. Berbicara mengenai hal tersebut, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai Penyebab Kanker Darah Pada Anak Balita.Mari simak terus artikel ini sampai tuntas.

Sekilas Tentang Kanker Darah

Penyebab Kanker Darah Pada Anak Balita

Kanker darah merupakan kanker yang mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah, serta menyerang jaringan pembentuk sel-sel darah, termasuk sumsum tulang dan kelenjar getah bening. Kondisi penyakit kanker darah leukemia umumnya melibatkan sel-sel darah putih (menyerang sel darah putih).

Sel darah putih sendiri merupakan sel darah yang berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit. Sel-sel darah putih ini dihasilkan oleh sumsum tulang belakang, yang dimana sumsum tulang sendiri merupakan jaringan lunak di dalam beberapa rongga tulang.

Kanker darah yang biasa disebut juga sebagai kanker hematologi ini sebagian besar dimulai dari dari sumsum tulang di mana darah di produksi. Penyakit kanker darah ini dapat dibedakan menjadi tipe akut dan tipe kronis, tergantung pada jenis sel darah yang di serang.

Tipe Kanker Darah

Kanker darah tipe akut terdiri dari Acute Myeloblastic Leukemia (AML) dan Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL). Sedangkan kanker darah tipe kronis terdiri dari Chronic Myelocytic Leukimia (CML), Chronic Lymphocytic Leukimia (CLL), dan Chronic Myelomonocytic Leukimia (CMML).

Kanker darah akut berkembang dengan cepat akibat penambahan jumlah sel darah putih yang abnormal atau sel yang belum matang, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik (normal). Selain pertumbuhan, penyebaran kanker ke dalam aliran darah pun sangat pesat.

Sementara itu, kanker darah kronis berkembang dengan secara perlahan-lahan dan dalam jangka waktu yang panjang. Sel-sel darah putih yang seharusnya mati akan tetap hidup dan menumpuk dalam aliran darah, sumsum tulang, serta organ-organ lain yang terkait.

Sel kanker mencegah sel-sel darah untuk menjalankan fungsinya. Kanker berawal ketika sel-sel di dalam tubuh mulai tumbuh secara berlebihan (abnormal) dan tidak terkendali. Sel-sel di hampir semua bagian tubuh lainnya dapat menjadi kanker, dan hal ini selanjutnya dapat menyebar ke area tubuh lainnya.

Pada saat kondisi tubuh dalam keadaan normal (sehat), sel darah putih berkembang secara teratur disaat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul. Sementara itu, pada tubuh pengidap kanker darah, sumsum tulang memproduksi sel darah putih secara berlebihan.

Kondisi jumlah sel darah putih yang berlebihan tersebut dapat mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang, sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang. Selain menumpuk, sel darah putih yang berlebihan tersebut juga dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, ginjal, paru-paru, dan limfa.

Baca juga : Bahaya Kanker Darah Yang Perlu Diwaspadai

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, bahwa kanker darah ini tidak memandang usia, sehingga semua orang dapat mengalami/menderita kanker darah termasuk anak-anak. Apabila kanker darah menyerang anak balita, maka apa yang menjadi penyebab terjadinya kanker darah pada anak balita ?

Penyebab Kanker Darah Pada Anak Balita

Penyebab utama terjadinya kanker darah, baik yang terjadi pada anak balita maupun orang dewasa, hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Meski begitu, namun berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya kanker darah pada anak balita, diantaranya :

  • Paparan radiasi atau zat kimia
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh
  • Faktor genetik
  • Dampak atau efek asap rokok dari perokok aktif
  • Kombinasi faktor lingkungan dan genetik
  • Pengalaman transplantasi organ
  • Virus penyebab leukemia
  • Pernah menderita kanker sebelumnya
  • Kelainan genetik

Itulah beberapa hal atau kondisi/faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya kanker darah pada anak balita yang harus anda (para orang tua) waspadai. Selalu memeriksakan kondisi kesehatan anak secara rutin merupakan salah satu upaya mencegah kanker darah.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI “PENYEBAB KANKER DARAH PADA ANAK BALITA”. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI (AZKA HERBAL), SEMOGA INFORMASI DARI KAMI BERMANFAAT BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Penyebab Kanker Darah Pada Anak Balita

Artikel Terkait :

Sponsored By

Penyebab Kanker Darah Pada Anak Balita

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*