Tingkatan Stadium Kanker Darah

Tingkatan Stadium Kanker Darah

Tingkatan Stadium Kanker Darah Meski langka terjadi, namun penyakit kanker darah ini tetap merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan. Peluang sembuh dari penyakit kanker darah ini tergantung pada tingkat atau tahap stadium kanker yang di derita.

Hal tersebut, karena apabila kanker darah terdektis sejak awal, maka peluang untuk sembuh pun akan lebih besar. Berbicara mengenai hal tersebut, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai tingkatan stdium kanker darah. Mari simak terus artikel ini sampai tuntas.

Sekilas Mengenai Kanker Darah

Tingkatan Stadium Kanker Darah

Kanker hematologi, yang lebih dikenal atau biasa disebut sebagai kanker darah ini merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah, terutama sel darah putih, hal ini karena kanker darah leukemia biasanya melibatkan sel darah putih.

Sel darah putih sendiri merupakan sel yang membentuk komponen darah, yang dimana sel darah putih ini dihasilkan oleh sumsum tulang belakang. Sel darah putih berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit. Secara umum, sel darah putih berperan dalam sisitem daya tahan tubuh.

Selain mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah, kanker darah juga menyerang jaringan pembentuk sel-sel darah, termasuk sumsum tulang dan kelenjar getah bening. Pada saat tubuh sehat, sel darah putih akan berkembang secara teratur atau terdapat regenerasi sesuai dengan masa hidup sel tersebut.

Sementara itu, pada saat tubuh tidak normal (penderita kanker darah), sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih secara berlebihan (abnormal) dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Jumlah sel darah putih yang berlebihan tersebut dapat mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang.

Selain menumpuk, sel-sel darah putih yang berlebihan tersebut juga dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, paru-paru, limfa, ginjal dan bahkan hingga ke otak dan tulang belakang. Sebagian besar, kanker darah dimulai dari sumsum tulang, dimana darah di produksi.

Kanker berawal ketika sel-sel dalam tubuh berkembang secara abnormal dan tidak terkendali. Sel kanker mencegah sel-sel darah normal untuk menjalankan fungsinya. Berdasarkan kecepatan perkembangannya, kanker darah dapat dikelompoakan menjadi dua, yakni kanker darah akut dan kronis.

  • Kanker Darah Akut

Kanker darah akut dapat terjadi secara tiba-tiba dan berkembang dengan cepat akibat penambahan jumlah sel darah putih yang abnormal, pesat dan penyebarannya ke dalam aliran darah. Kanker darah akut ini harus segera tangani dengan cepat dan tepat.

  • Kanker Darah Kronis

Kanker darah kronis terjadi secara peralahan dan dalam jangka panjang. Gejala kanker darah kronis ini cenderung tidak segera dirasakan, sehingga baru terdiagnosis setelah bertahun-tahun. Sel-sel darah putih yang seharusnya sudah mati akan tetap hidup dan menumpuk dalam aliran darah.

Selain itu, kanker darah juga dapat dikategorikan menurut jenis sel darah putih yang diserang. Kanker darah yang menyerang sel-sel limfa disebut sebagai leukemia limfotik dan yang menyerang sel-sel mileoid disebut sebagai leukemia mielogen.

Tingkatan Stadium Kanker Darah

Pada umumnya terdapat empat tingkatan atau tahapan stadium kanker darah leukemia ini, stadium 1 dan 2 biasa disebut sebagai stadium awal, dan kanker darah stadium 3 dan 4 biasa disebut disebut sebagai stadium lanjut. Dan berikut ini sekilas mengenai tingkatan stadium kanker darah. 

  • Kanker Darah Stadium 1

Kanker darah pada tingakatan stadium satu atau biasa disebut sebagia stadium awal ini, kanker darah belum begitu ganas dan sel kanker belum menyebar ke organ lain. Seringkali penderita kanker darah stadium awal tidak merasakan gejala apapun.

Dengan begitu, sehingga penderita kanker darah stadium 1 baru menyadarinya pada saat kanker darah sudah masuk stadium lanjut. Meski begitu, namun berikut beberapa ciri-ciri kanker darah stadium 1 atau stadium awal yang sering muncul dan harus diwaspadai, diantaranya :

  1. Terasa sakit kepala
  2. Gusi berdarah
  3. Dara keluar dari hidung
  4. Badan lemas
  5. Sesak nafas
  6. Nyeri tulang
  7. Muntah
  • Kanker Darah Stadium 2

Kanker darah pada tahapan atau tingkatan stadium 2 ini, sel kanker belum menyebar sempurna. Meski begitu, namun kanker darah pada tingkatan ini, biasanya penderita akan mulai merasakan gejala. Dan berikut beberapa gejala kanker darah stadium 2, yang masih merupakan stadium awal, diantaranya :

  1. Mudah lelah
  2. Mudah terserang infeksi
  3. Pendarahan abnormal
  4. Mengalami anemia
  5. Perut terasa nyeri
  6. Muncul benjolan kelenjar limfa
  7. Muka pucat
  8. Kesulitan bernapas
  9. Badan lemas
  10. Terasa nyeri pada persendian dan tulang
  • Kanker Darah Stadium 3

Kanker darah pada tingkatan stadium 3, pada umumnya akan ada dua atau lebih organ yang terpengaruh. Hal ini, karena sel kanker sudah menyebar dan mempengaruhi organ-organ lain yang ada dalam tubuh. Beberapa organ mulai mengalami kelainan dalam bekerja, karena pengaruh kanker.

Baca juga : Cara Alami Menyembuhkan Kanker Darah Stadium 3 100% Manjur

Penderita kanker darah stadium 3 akan mengalami gejala yang hampir mirip dengan gejala kanker darah stadium 2, yakni penderita kanker darah stadium 3 akan mengalami anemia, benjolan yang muncul pada stadium 2 akan tetap muncul dan bahkan akan semakin parah.

  • Kanker Darah Stadium 4

Kanker darah pada tingkatan stadium 4 atau kanker darah stadium akhir, penderita akan mengalami kepingan darah dan organ paru-paru juga akan mengalami kerusakan akibat kanker darah ini. Dan berikut, beberapa gejala kanker darah stadium 4 yang harus diketahui dan diwaspadai, diantaranya :

  • Kondisi anemia yang cepat memburuk
  • Nyeri pada tulang yang sangat hebat
  • Demam tinggi yang terjadi secara terus manerus
  • Perdarahan spontan pada tubuh tanpa sebab

Harapan hidup penderita kanker darah stadium 4 akan lebih kecil dibandingkan kanker darah pada stadium awal. Itulah sekilas informasi dari kami mengenai tingkatan stadium kankr darah. Segera periksa atau konsultasi kepada dokter jika anda mengalami gejala kanker darah tersebut.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI “TINGKATAKN STADIUM KANKER DARAH”. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI (AZKA HERBAL), SEMOGA INFORMASI DARI KAMI BERMANFAAT BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Tingkatan Stadium Kanker Darah

Berita Terkait :

Sponsored By

Tingkatan Stadium Kanker Darah

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*