Tips Menghilangkan Keloid Dengan Cara Medis

Tips Menghilangkan Keloid Dengan Cara Medis – Keloid merupakan suatu gangguan yang bisa muncul pada siapa saja, tentunya kondisi seperti ini sangat mengganggu penampilan. Ini bisa timbul akibat bekas luka operasi dan jaringan parut yang menonjol melebihi area kulit disekitar area kulit tersebut.

Dalam beberapa kasus jaringan parut tersebut timbul menebal, melebar dan menonjol. Tempat tumbuhnya keloid bisa muncul dimana saja namun lebih sering di temukan di area dada, bahu, leher, ataupun sekitar daerah wajah dan juga bekas daerah operasi.

Tips Menghilangkan Keloid Dengan Cara Medis

TIPS MENGHILANGKAN KELOID DENGAN CARA MEDIS

Karena bentuk dengan warnya yang sangat kontras dengan kulit. Sehingga banyak orang yang mengalami keloid ingin menghilangkan keloid ini. Dalam menghilangkan keloid penderita bisa menggunakan cara medis, seperti :

  • Suntikan contisone

Menggunakan suntikan cortisone bisa mnejadi pilihan dalam menghilangkan keloid, suntikan ini dilakukan 1 bulan sekali secara rutin dan juga teratur, namun hanya saja metode ini memilki efek samping yaitu bisa menimbulkan ruam kemerahan pada kulit dan juga tidak semua bekas keloid hilang dengan optimal.

  • Operasi

Melakukan metode ini termasuk tindakan beresiko menimbulkan keloid baru akibat bekas dari sayatan keloid yang sebelumnya.

  • Interferon

Zat interferon adalah protein yang dihasilkan secara alami oleh sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan virus. Penyuntikan interferon akan membantu dalam mengecilkan keloid pada tubuh.

  • Radiasi

Menurut hasil riset para dokter, radiasi merupakan  cara menghilangkan keloid  dengan efektif, namun hanya dokter saja yang mengetahui proses radiasi tersebut.

baca juga : Cara Menghilangkan Keloid Bekas Operasi Dengan Alami

  • Laser

Metode ini bisa menjadi pilihan yang paling efektif dalam menghilangkan keloid, cara ini terbilang aman hanya saja memutuhkan beberapa tahap untuk mencapai hasil yang maksimal, namun jika mneggunakan cara ini harus siap mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

  • Crytotherapy

Metode menghilangkan keloid dengan cara ini yaitu menggunakan cairan nitrogen. Yang berguna untuk membekukan serta meratakan keloid sehingga wana keloid bekas lukan akan menjadi lebih pudar. Terapi ini harus rutin dilakukan agar hasil yang didapatkan maksimal, namun terapi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

  • Suntikan Fluorourcil

Banyak yang menggunakan suntikan kemotrapi ini untuk menghilangkan keloid. Fungsi dari suntikan ini yaitu untuk membunuh sel-sel keloid sessuai dengan tahap terapi.

  • Menggunakan  Silikon

Cara ini dilakukan dengan membalutkan gel silikon pada bagian keloid selama beberapa jam dalam sehari. Namun anda harus besabar karena cara ini bisa mencapai beberapa bulan.

Selain dengan langkah medis dalam menghilangkan keloid, sebagai alternatif lain di samping cara medis anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan keloid secara alami. Supaya proses penyembuhan berjalan lebih cepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*